ilustrasi konsep saham syariah

Sebagai orang yang taat agama tentu kamu akan takut dengan namanya riba. Beragam informasi beredar apabila saham dan sejenisnya berpotensi riba. Sehingga mau tidak mau, ada perusahaan yang menawarkan saham syariah. Selain untuk menaaati agama, juga bisa untuk mengembangkan bisnis di perusahaannya. Kamu perlu mempelajari konsep saham syariah ini jika memang takut akan riba.

Saham Syariah

Saham syariah muncul karena ketakutan pengusaha dan pemain saham akan riba. Riba sendiri digolongkan menjadi beragam. Dosa riba dapat membuat seseorang masuk ke dalam api neraka selama-lamanya. Maka saham syariah muncul untuk menghilangkan ketakutan dan menambah ketaatan dalam beribadah. Selain itu juga agar tidak bertentangan dengan agama.

Mempelajari Konsep Saham Syariah

Konsep saham syariah mulai digagas ketika banyaknya peminat saham terhalangi dengan ketakutan akan riba. Tidak semua saham mengandung riba menurut beberapa informasi yang beredar. Karena konsep saham syariah ini didasarkan pada syariat-syariat agama dan berdasarkan tuntutan dari para pemangku agama.

Sehingga mereka yang ingin bermain saham tidak takut lagi memangku dosa riba yang memang begitu mengerikan hukumannya. Nah buat kamu yang belum mengerti atau memahami konsep saham syariah, berikut ini konsep saham syariah yang harus kamu ketahui agar tidak melanggar syariah agama:

1.      Emite Saham tidak Bertentangan dengan Ajaran Islam

Emite yang dijalankan oleh saham-saham konvensional bisa kamu beli dengan bebas. Sedangkan emite-emite saham syariah tidak bisa kamu beli atau dapatkan secara sembarangan. Karena harus ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus berlaku sesuai dengan ajaran Islam.

Atau kalau mau amannya, kamu cari emite-emite saham mana yang sudah sesuai dengan ajaran syariat Islam di bursa efek Indonesia kategori saham syariah. Di sana banyak daftar emite saham yang sesuai dengan syariah agama Islam.

2.      Masuk dalam Daftar Efek Syariah

Semua saham-saham syariah sudah terdaftar dalam DES. Apa DES itu? DES adalah daftar efek syariah yang berisikan saham-saham yang sudah sesuai dengan ketentuan agama Islam.

Mempelajari konsep saham syariah perlu kamu lakukan untuk mengetahui mana saja saham yang sudah sesuai dengan syariat agama Islam.

Share.