ilustrasi UMKM Sukses

Keberanian adalah modal penting dalam menjalankan sebuah usaha. Apapun usahanya, rintislah dengan keberanian walaupun banyak risiko menghadang di depan sana. Seperti mengembangkan UMKM. Setiap usaha yang dirintis memiliki lika-liku sendiri. Nah sebagai perintis, 5 kunci sukses yang harus dimiliki UMKMini perlu kamu ketahui untuk mengembangkan usaha tersebut.

Usaha yang Dirintis

Merintis sebuah usaha memerlukan ketelatenan dalam banyak aspek. Mulai dari aspek biaya, strategi pemasaran, hingga melihat peluang untuk 5 tahun ke depannya. Semua itu perlu ditekuni dengan ketelatenan agar bisa meraih harapan yang sudah dibangun sebelum usaha tersebut dirintis. Tidak mudah memang, tetapi jiwa pengusaha adalah jiwa pemberani. Mereka pantang takut rugi.

5 Kunci Sukses yang Harus Dimiliki UMKM

Sebagai perintis UMKM, kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi kunci sukses usaha tersebut. Melihat banyak perintis UMKM berhasil merintis usahanya membuat hatimu tergerak untuk terjun di usaha tersebut.

Akan tetapi semua tidak serta-merta langsung sukses tanpa melalui proses. Proses tetap harus dijalani meskipun terkadang pahit. Sebagai perintis kamu harus memiliki jiwa pantang menyerah. Karena di dalam usaha ada kegagalan yang juga sudah mengintai. Ada dua hal yang perlu kamu bayangkan, kesuksesan dan kegagalan. Apabila gagal kamu harus bangkit dan mencoba lagi.

Berikut ini kunci sukses yang bisa kamu jalankan untuk menghindari kegagalan yang sudah mengintai setiap saat usaha yang kamu lakukan:

1.    Membuka cabang baru. Sebagai pengusaha UMKM kamu perlu mengembangkan usahamu tersebut dengan mebuka cabang di tempat yang berpotensi. Tempat juga mempengaruhi apakah penjualanmu ke depan meningkat atau malah menurun drastis.

2.    Mengenalkan produk penjualan. Banyak sekali cara untuk mengenalkan produk ke semua orang. Selain dengan iklan, kamu juga bisa mengikuti pameran atau festival untuk mengenalkan produk yang kamu miliki. Agar usaha kamu berkembang dan diketahui banyak orang.

3.    Manfaat Media Sosial. Media sosial yang telah berkembang pesat dapat kamu gunakan juga untuk strategi pemasaran.

4.   Jalin kerjasama dengan orang-orang. Apabila kamu memiliki teman sesama usaha, kamu bisa menjalin kerjasama dengan mereka untuk mengembangkan UMKM kamu.

5.    Berjualan dengan toko lain. Selain toko offline, sebaiknya kamu juga menjual produk usahamu di toko online agar usahamu memiliki dua jalur penghasilan.

5 kunci sukses yang harus dimiliki UMKM tersebut akan berhasil apabila kamu terapkan dengan baik dan benar. Karena kesuksesan diraih dengan cara mencoba-coba langkah yang pernah dicoba oleh pengusaha lain.

Share.