ilustrasi fintech dan perbankan

Perbankan menjadi salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan fintech sebagai pendukung aktivitas transaksi. Beberapa pengaruh ditimbulkan ketika fintech masuk di kehidupan dunia perbankan. Baik pengaruh baik hingga risiko yang mungkin terjadi bagi penggunanya. Apa saja pengaruh fintech terhadap perbankan, mari simak pembahasannya sebagai berikut.

A.     Proses transaksi di bagian Teller menyusut

Dahulunya, nasabah yang hendak melakukan kirim uang, menabung, membayar angsuran pasti akan melalui pihak teller di bank. Kegiatan tersebut menguras banyak waktu akibat banyaknya nasabah yang mengantri. Sehingga digunakanlah fintech untuk membantu nasabah dalam melakukan aktivitas keuangannya dengan cepat tanpa perlu datang ke bank. Sehingga transaksi di teller pun semakin menyusut.

B.     Bisa diakses selama 24 jam dalam 7 hari

Fintech dikembangkan menjadi suatu situs web ataupun aplikasi yang dapat diakses kapanpun melalui gadget. Begitupun aktivitas transaksional yang dilakukan nasabah, yang mana bisa mengakses akun banknya secara penuh 24 jam dalam 7 hari non stop. Hal ini karena fintech didukung jaringan internet yang tak terikat ruang dan waktu.

C.     Risiko pencurian data nasabah bank yang semakin tinggi

Pengaruh fintech terhadap perbankan selanjutnya yakni bisa memanggil para peretas untuk mencuri data-data nasabah bank. Data-data yang dikumpulkan bisa disalahgunakan, hingga kasus yang paling fatal saldo nasabah bisa dikuras habis oleh oknum nakal. Walaupun begitu, bank telah memiliki solusi tersendiri untuk menangani kejahatan digital seperti kasus tersebut.

D.     Mengintegrasikan layanan keuangan

Fintech bisa menjadi perantara untuk mengintegrasikan layanan keuangan perbankan dengan perusahaan lainnya. misalnya suatu perusahaan pinjaman online lebih banyak diminati masyarakat karena sistemnya yang tidak mengacu pada peraturan pemerintah. Proses pengajuan pinjaman online lebih mudah dan cepat cair. Sehingga minat untuk meminjam uang di bank kini kian menurun karena proses pengajuannya lebih rumit dan lama.

Demikian pembahasan mengenai pengaruh fintech terhadap perbankan. Fintech menjadi bagian penting untuk meningkatkan kinerja dan layanan perbankan. Apapun kekurangan yang dimiliki fintech, perbankan hanya perlu menyiapkan solusi dan tenaga yang mumpuni untuk mengatasinya.

Share.