ilustrasi mengelola keuangan bisnis

Dalam memulai bisnis seorang wirausahawan harus melakukan manajemen keuangan yang tepat. Dimana ia dihadapkan pada keuangan bisnisnya dan keuangan rumah tangganya yang pengelolaannya harus dipisahkan. Untuk itu, para pemilik bisnis harus mengetahui cara mengelola keuangan bisnis dan keperluan rumah tangga yang baik dan benar. Mari simak pembahasannya sebagai berikut.

A.     Mencatat Pengeluaran Rumah Tangga dan Bisnis

Pengeluaran yang dibutuhkan bagi bisnis ataupun kebutuhan rumah tangga sangat penting untuk dicatat. Tujuannya agar dana yang kita keluarkan bisa diketahui secara mendetail di masa yang akan datang. Supaya lebih terstruktur, lakukan pencatatan keuangan layaknya pencatatan di akuntansi. Yakni membuat jurnal umum, laporan laba rugi, neraca dan jenis laporan lainnya.

B.     Memisahkan Keuangan Keluarga dengan Keuangan Bisnis

Cara mengelola keuangan bisnis dan keperluan rumah tangga selanjutnya adalah memisahkan keuangan keluarga dengan keuangan pada bisnis. Dana yang digunakan untuk bisnis sebisa mungkin untuk tidak dicampur dengan dana rumah tangga.

Jangan gunakan uang bisnis untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Jika mendesak, aturlah pencatatan khusus dan masukkan ke dalam kategori utang. Sehingga perhitungan pendapatan bisnis di akhir periode bisa terlacak.

C.     Membedakan Kebutuhan dengan Keinginan

Selanjutnya pemilik bisnis harus bisa membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan. Kebutuhan diartikan sebagai sesuatu yang harus dipenuhi atau bersifat primer. Misalnya membeli sembako untuk makan sehari-hari.

Sedangkan keinginan bersifat sekunder ataupun tersier. Artinya keinginan memiliki sifat untuk memenuhi nafsu manusia seperti membeli barang penunjang kehidupan. Dalam keuangan, dahulukan untuk memenuhi kebutuhan lebih dahulu dibandingkan keinginan.

D.     Menyisihkan Keuntungan yang Didapat

Jika dalam pengelolaan bisnis bisa berjalan mulus dan berhasil mendapatkan keuntungan, maka langkah selanjutnya yakni menyisihkan keuntungan tersebut. Keuntungan yang didapat bisa disisihkan untuk ditabung, untuk menambah modal operasional usaha, dan lain-lain. Sehingga masa depan bisnis yang dijalankan bisa lebih terarah.

Demikian pembahasan mengenai cara mengelola keuangan bisnis dan keperluan rumah tangga. Proses mengelola keuangan pada bisnis dan keperlua rumah tangga pada awalnya berat. Namun jika dilakukan dengan teliti maka hasil yang akan diraihnya adalah keuntungan bagi diri sendiri dan bisnisnya.

Share.