ilustrasi kendaraan bermotor

    Ketika dihadapkan dengan pilihan untuk membeli motor bekas atau baru, selalu membuat hati bimbang. Beli motor bekas, harga tentu lebih terjangkau. Namun, membutuhkan perawatan yang baik agar tetap dalam kondisi baik pula.

Jika membeli motor baru, kualitas sudah pasti jangan ditanyakan lagi. Namun, tidak semua orang mampu untuk membeli motor baru yang harganya semakin hari, semakin melambung tinggi. Terkadang, masalah biaya kerap kali membuat seseorang mengurungkan niat untuk membeli sepeda motor baru.

Antara Membeli Sepeda Motor Bekas atau Baru, Mana yang Paling Bagus?

Jawabannya sudah pasti sepeda motor baru. Sepeda motor dengan teknologi canggih, sudah menjadi kebutuhan dan mampu mempermudah urusan. Dengan menggunakan sepeda motor baru, banyak keuntungan yang didapatkan salah satunya tenaga mesin masih dalam kondisi prima begitu pun dengan kondisi bodi. Namun, jangan sampai salah memilih sepeda motor.

Sekarang, membeli sepeda motor baru, tidak harus membayar secara lunas keseluruhan. Cicil atau kredit bisa juga, tetapi apakah hal ini selamanya baik? Membeli secara kredit, tentu harga menjadi lebih tinggi. Masalah datang ketika tidak mampu untuk melanjutkan cicilan. Ingat, ini merupakan utang cicilan dengan waktu yang cukup lama.

Di sisi lain, membeli sepeda motor bekas dapat menjadi alternatif ketika ingin mempunya kendaraan khususnya sepeda motor. Berhubung barang bekas, perawatan harus dilakukan secara telaten. Biaya perawatan juga harus dipikirkan, misalnya biaya servis, perawatan mesin, dan lain-lain.

Jadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas atau baru. Apa saja itu? Perhatikan poin pertimbangan berikut ini.

Pertimbangan Beli Motor Bekas

Membeli barang bekas perlu kejelian yang tinggi, agar tidak salah dalam menjatuhkan pilihan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dipahami saat akan membeli motor bekas.

1). Masalah Harga

Pilihlah harga yang sesuai dengan dompet dan sesuai dengan keinginan. Misal, motor dengan warna hijau menyala lebih menarik, harganya pun bersahabat. Ketika mendapati hal serupa dalam memilih sepeda motor bekas, langsung saja pilih yang sesuai dengan keinginan dan harga. Tujuannya, agar hati puas dan tidak menyesal tentunya.

2). Perhatikan Mesin

Selain bodi, mesin motor juga harus diperhatikan. Namun, kalau tidak mengerti masalah mesin motor, harus bagaimana? Ajaklah teman yang bisa membantu teman yang paham masalah mesin motor.

3). Kelengkapan Surat-surat

Ini penting karena menyangkut keselamatan juga di masa mendatang. Maksudnya, ketika membeli motor dengan surat-surat yang tidak lengkap, takutnya nanti ada masalah di masa mendatang.

4). Pikirkan Biaya Servis

Terakhir adalah memikirkan biaya servis. Motor bekas, tentu memiliki masalahnya tersendiri. Jadi, pikirkan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk servis kerusakan motor dari tangan pertama.

Pertimbangan Beli Motor Baru

Untuk membeli motor baru, tidak perlu repot. Tinggal pastikan saja poin-poin di bawah ini sudah terpenuhi atau belum.

1). Masalah Dana

Harga satu unit sepeda motor, berada di kisaran puluhan juta. Ada juga yang sampai ratusan juta untuk satu unit sepeda motor. Untuk itu, penting melihat terlebih dahulu kondisi keuangan.

2). Model Sepeda Motor

Cari sepeda motor dengan model yang diinginkan. Dengan begitu, hati lebih puas karena mendapatkan sepeda motor yang didambakan.

3). Perbandingan Harga

Bandingkan harga dua sepeda motor. Cari sepeda motor dengan harga yang sedikit miring untuk tetap menjaga keuangan dengan baik.

 

 

Share.