Stasiun Poncol adalah stasiun utama di kota Semarang, jawa tengah, apa saja rekomendasi wisata dekat stasiun Poncol Semarang? Di stasiun inilah para pendatang dari berbagai daerah yang ingin berkunjung ke kota lumpia berdatangan. 

Sebagai salah satu pintu masuk utama kota Semarang, terdapat banyak destinasi wisata yang letaknya dekat dengan stasiun ka Poncol. Berikut destinasi wisata yang dekat dengan stasiun ka Poncol.

Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Poncol Semarang

Kami akan merekomendasikan wisata dekat stasiun Poncol Semarang, simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Simpang Lima

Merupakan tempat bertemunya lima jalan utama di Semarang yang bersatu yaitu jalan pahlawan, jalan pAndanaran, jalan ahmad yani, jalan gajah mada dan jalan ahmad dahlan. Mengutip dari wikipedia, perempatan ini memiliki banyak hotel bintang lima dan pusat perbelanjaan. 

Diantaranya adalah mal ciputra, e plaza, simpang lima plaza, living plaza, @hom hotel, hotel ciputra, hotel cakrawala, hotel graha santika, holiday inn express, apartemen dan kondominium Warhol.

Simpang lima dijadikan pusat alun-alun Semarang berdasarkan usulan dari presiden pertama republik Indonesia, ir. Soekarno dengan alasan alun-alun pusat yang semula di kawasan kauman telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. 

Saat itu, rencana pembangunan lapangan pancasila dipilih di ujung jalan oei tiong ham (jalan pahlawan Semarang). Lapangan pancasila dibangun pada tahun 1969.

  1. Semarang Creative Gallery

Berada di kawasan kota lama, Semarang creative gallery merupakan ruang kreatif dengan jalur pedestrian yang dibuat sangat instagramable. Lokasi tepatnya berada di jalan letjen suprapto yang tak jauh dari gereja blenduk, di sebuah bangunan kuno bekas PT telkom.

Menjelang sore, banyak wisatawan yang datang kemudian berswafoto di jalur pedestrian ini. Desainnya menarik karena luas dan memiliki dekorasi yang beragam. Perpaduan meja dan kursi antik di depan gedung juga menjadi daya tarik warga untuk nongkrong di sana.

Di galeri tersebut terdapat berbagai macam produk umkm di Semarang seperti baju, tas, sepatu. Masih di gedung yang sama, keris cafe menyediakan oleh-oleh tradisional dan jajanan ala cafe. 

Jangan buang-buang waktu muter semarang menggunakan transportasi umum, apalagi kalau liburannya singkat, rental mobil bisa kalian jadikan solusi, sehingga bisa berlibur dengan kenyamanan penuh.

  1. Lawang Sewu

Tempat wisata bersejarah ini milik PT kereta api Indonesia (persero). Pada awalnya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta nederlandsch-indische spoorweg maatschappij (nism) pada masa penjajahan belAnda.

Bangunan lawang sewu dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 18.232 m2 dan bangunan utama dibangun pada 27 februari 1904 dan selesai pada juli 1907. 

Gedung wisata dekat stasiun Poncol Semarang ini dibangun oleh seorang arsitek belAnda bernama Prof. Jacob F. Klinkhamer Dan B. J. Ouendag, jadi ada nuansa bangunan khas eropa yang sering dijadikan backdrop untuk selfie milenial. 

Selain berswafoto, pengunjung juga disuguhkan berbagai informasi mengenai kisah di Balik bangunan ini. Untuk memasuki gedung bersejarah ini pengunjung harus membayar tiket sebesar 10.000 untuk umum dan 5.000 untuk pelajar.

  1. Kota Lama Semarang

Sering disebut sebagai little netherland karena nuansa bangunan khas belAnda masih sangat terasa di kawasan ini. Kota lama Semarang merupakan salah satu peninggalan masa kolonial yang masih memiliki nuansa kolonial yang sangat kental.

Secara umum, bentuk bangunan di kota tua mengikuti gaya bangunan di eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini terlihat dari detail bangunan yang khas dan ornamen yang identik dengan gaya eropa. 

Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca berwarna, bentuk atap yang unik, dan keberadaan basement. Hal ini wajar karena kawasan ini dibangun oleh pemerintah kolonial belAnda di Indonesia saat itu, sehingga konsep bangunannya pasti mengikuti gaya bangunan di belAnda saat itu. 

Dalam tata kota, kawasan wisata dekat stasiun Poncol Semarang ini dipusatkan dengan gereja blenduk dan kantor pemerintahan sebagai pusatnya.

  1. Dream Museum Zone 

Ini adalah museum lukisan 2d yang dibuat menjadi 3d. Objek wisata ini memungkinkan untuk berfoto dengan objek-objek unik yang terlihat nyata, ada berbagai macam tema yang disajikan di museum ini, pembuat lukisan ini berasal dari korea.

Oleh karena itu untuk masuk ke museum ini harus merogoh kocek yang tidak sedikit, yaitu 100.000. Namun tentunya harga tiket tersebut sepadan dengan karya seni yang dipamerkan.

Di museum ini pengunjung juga bisa berswafoto dengan latar belakang lukisan yang terkesan nyata. Museum ini buka dari pagi hingga malam agar pengunjung yang ingin selfie bisa mendapatkan waktu terbaik.

Namun disarankan untuk datang pada hari kerja karena tidak ramai sehingga foto yang dihasilkan bisa lebih bagus, selain itu juga tidak ada antrian.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai wisata dekat stasiun Poncol Semarang, semoga bermanfaat.

Share.